Anggaran Pilkada Tunggu PMK

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Limapuluh Kota, NNews–Kendati PKPU nomor 15 tahun 2019 menyatakan tahapan Pilkada sudah dimulai akhir September 2019 ini, sepertinya KPU belum siap dengan anggaran yang akan digunakan. Apakah Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) akan diakomodir anggarannya pada perubahan nanti, masih menjadi pertanyaan untuk kelangsungan Pilkada Limapuluh Kota.

Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota yang coba dikonfirmasi via telepon genggamnya mengatakan tengah dipelajari, sebab PKPU tahapan Pilkada baru saja turun.

Bacaan Lainnya

“PKPU baru saja turun, kita akan  lakukan pembahasan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Limapuluh Kota terkait anggaran,”ungkap Ketua KPU Limapuluh Kota, Masnijon saat dikonfirmasi, Kamis(22/8).

Terpisah Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Irwandi menyebutkan, selain PKPU juga sudah terbit Peraturan Menteri Dalam Negeri (PMDN) Nomor 54 Tahun 2019 tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati Walikota Bersumber dari APBD.

“Namun kita masih menunggu Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk hal ini tentang standard biaya Pilkada dan Peraturan Bawaslu.
Untuk pendanaan akan mengikuti mekanisme, APBD yang akan singkron dengan mekanisme APBN,”terang Irwandi, Kamis sore.

Karena tahapan sudah dimulai pada September tahun ini, tentunya membutuhkan biaya untuk melaksanakannya.”Sepertinya akan ada anggaran pada tahun 2019 maksimal 40 persen dari biaya seluruhnya. Namun kita didaerah akan tetap menunggu arah dari kemendagri,”Irwandi kembeli menjelaskan.

Ketika ditanya, apakah anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada yang berada di ujung tahun 2019 akan diakomodir melalui anggaran perubahan, Kepala Badan Keuangan Daerah Limapuluh Kota juga meyakini hal itu sebagai salah satu mekanisme yang harus ditempuh.

“Kita di daerah akan tetap menunggu keputusan secara nasional. Setiap hari ada perkembangan kita tetap ter update untuk hal ini. Memang salah satu mekanisme APBD adalah perubahan APBD,”pungkas Irwandi menjawab.(*)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia