Hama Wereng Ancam Padi Petani di Nagari Duriangadang

  • Whatsapp

Limapuluh Kota, NNews–Sejumlah sawah petani di Nagari Duriangadang, Kecamatan Akabiluru, terserang hama wereng. Petugas dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanpanghorbun) Limapuluh Kota, lakukan peninjauan lapangan penyelidikan awal hama wereng, Selasa(27/8/2019) pagi.

Hal itu dibenarkan Walinagari Duriangadang, Nanda Salman kepada Padang Ekspres. Menurut Walinagari, informasi serangan hama wereng tersebut disampaikan petani yang melihat kerusakan padi akibat diserang wereng sejak beberapa hari terakhir. Jumlah yang ditemui lebih banyak dari laporan warga awalnya.

Bacaan Lainnya

“Usai disampaikan ke Dinas Tanaman Pangan Hortikultuira dan Perkebunan, responya cukup bagus. Kita bersama petugas dari dinas melakukan survey lapangan dan menyelidiki serangan hama tersebut. Ternyata memang sudah cukup luas yang terancam hama,”ungkap Walnag Duriangadang, usai menemani petugas Distanpanghorbun, Selasa siang.

Menurut Nanda, sudah cukup luas serangan hama wereng menyerang tanaman padi warga di nagarinya. Bahkan sejumlah petani sudah dipastikan gagal panen periode tanam saat ini. Sehingga butuh langkah nyata antisipasi.

“Kita rencanakan melalukan penyemprotan bersama petani dalam bentuk gotong royong. Dinas Tanpanghorbun juga bersedia menyeidakan racun dan hand sprayer untuk penyemprotan. Jika ini tak dilakukan segera, kemungkinan akan menyerang lebih luas sulit diantisipasi,”ucap Nanda Salman. 
 
Serangan Organisma Pengganggu Tanaman (OPT) memang perlu diantisipasi secara cepat. Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Limapuluh Kota, Eki Hari Purnama mengatakan perlu ditangani setiap serangan hama.”Ini perlu kita antisipasi dan cegah segera. Hama wereng merupakan bagian dari organisma pengganggu tanaman yang bisa merusak produktifitas pertanian,” sebut Eki Hari Purnama.    

Berdasarkan informasi pertanian, hama wereng diketahui mampu membentuk populasi cukup besar dalam waktu singkat dan merusak tanaman pada semua fase pertumbuhan. Pola perusakan yang terjadi dengan cara menghisap cairan pelepah daun.(mj)