Ketua DPRD Defenitif Diumumkan Tak Lagi Tunggu Wakil, Segera Dilantik

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Deni Asra, ketua DPRD Lima Puluh Kota sementara yang sebentar lagi dilantik menjadi ketua DPRD Lima Puluh Kota Defenitif periode 2019 – 2024.

Limapuluh Kota, NNews–Tanpa menunggu dua wakil Ketua DPRD yang seharusnya di tetapkan bersamaan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Defenitif ditetapkan, Selasa(17/9). Pasalnya Partai Politik ( Parpol) dinilai lamban mengirimkan SK Rekomendasi untuk mengisi jabatan dua wakil ketua.

Dua jabatan wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota akan di isi Partai Golkar dan Partai Demokrat. Hanya saja nama yang akan mengisi jabatan tersebut belum juga diaampaikan parpol ke Sekretaris DPRD. Sehingga dengan mengacu pada surat Kemendagri tertanggal 16 September 2019 nomor 170/5028/OTDA yang ditandatangani Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik, satu pimpinan yang sudah di SK kan parpol harus segera dilantik.

Bacaan Lainnya

Sebab jika tetap harus menunggu kedua nama Wakil Ketua DPRD dari masing-masing Parpol, diyakini akan menyebabkan kinerja daerah terganggu, terutama yang berkaitan dengan kedewanan. Sebab ada sederet agenda yang hanya bisa dilaksanakan dengan pimpinan defenitif memimpin DPRD secara kelembagaan.

“Memang benar ada surat dari Mendagri yang memerintahkan untuk bisa menetapkan dan melantik Pimpinan DPRD, meski baru satu nama yang baru di usulkan ke Sekretaris DPRD,”ucap Sekretaris DPRD Limapuluh Kota, Dharmawijaya didampingi Kepala Bagian Humas DPRD Limapuluh Kota, Nur Akmal, Selasa(17/9) pagi.

Surat Kemendagri satu hari lalu itu, langsung disikapi DPRD dengan segera melakukan rapat paripurna pengumuman.”Hari ini kita akan melaksanakan Rapat Paripurna Terbuka DPRD dengan agenda Pengumuman Pimpinan defenitif DPRD Limapuluh Kota masa jabatan 2019 – 2024,”ucap Ketua Sementara DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra, Selasa(17/9) pagi saat ditemui Nagari News.

Selanjutnya nanti akan dilengkapi berkas permohonan pelantikan melalui Bupati yang diteruskan langsung ke Gubernur Sumbar. Kemudian gubernur akan mengeluarkan SK untuk pelantikan Pimpinan DPRD defenitif yang akan akan memimpin kelembagaan DPRD.

“Kita berharap satu hari SK Gubernur bisa keluar. Sehingga Kamis(19/9) atau Jumay(20/9) kita sudah bisa melaksanakan rapat paripurna istimewa DPRD terkait pelantikan pimpinan defenitif masa jabatan 2019 – 2024 ini,”sebut Deni Asra berharap semua pekerjaan di DPRD terkait dengan pembangunan daerah bisa segera dilaksanakan.

Politisi muda Gerindra ini juga menyebutkan, setelah proses hingga pelantikan Ketua DPRD defenitif selesai, selanjutnya baru dibisa dibentuk alat kelengkapan DPRD (AKD). Jika semua alat Kelangkapan DPRD mulai dari Komisi, Badan Anggaran (Banggar) Badan Musyawarah (Bamus) Badan Kehormatan (BK) Badan Pembuat Perda (Bapemperda) rampung dibentuk, barulah semua pekerjaan DPRD bisa dilaksanakan.

“Setelah alat kelengkapan selesai dibentuk baru kita bisa bekerja secara maksimal. Semoga beban kerja terkait APBD Perubaha 2019 bisa terselesaika dengan baik dan tepat waktu ,”ucap Deni Asra usai pertemuan terbatas dengan Sekdakab, Widia Putra, Kepala Badan Keuangan, Irwandi dan Sekwan Dharmawijaya.

Jika perlu, kata Debi Asra DPRD akan bekerja siang malam mengejar target penyelesaian APBD- P 2019. Sehingga pengalaman tahun lalu dengan tidak adabya APBD perubaha. Tidak terulang kembali.”Kita harus siap bekerja mengejar target penyeleaaian APBD perubahan sebelum tanggal 30 September ini. Jika harus menggunakan hari libur, bahkan pembahasan hingga malam hari, terpaksa harus dilakukan. Ini sebagai bentuk pertanggungjawaban lembaga kepada masuarakat,”tukas Deni Asra.

Dibenarkan Sekretaris DPRD, Dharmawijaya. Menurut orang nomor satu di sekretariat DORD Limapuluh Kota ini, DPRD sore kemarin telah berhasil melakukan sidang paripurna pengumuman pimpinan DPRD definitif. “Selanjutnya kita usulkan ke gubernur untum menerbitkan SK Pimpinan DPRD, jika SK Gubernur bisa terbit besok (hari ini, red). Maka Kamis ini sudah bisa langsung Paripurna pengambilan sumpah dan janji Ketua DPRD,”pungkas Dharmawijaya, kemarin.(fdl)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia