Ketika Bhakti TNI Lewat TMMD/N Tingkatkan Akselerasi Pembangunan

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Buka Jalan Sepanjang 9 Km, Rehabilitasi Rumah Tak Layak Huni hingga Rumah Ibadah

Manunggal menjadi satu padu untuk meningkatkan akselerasi pembangunan, Tenatara nasional Indonesia (TNI) wujudkan dalam agenda bhaktinya lewat TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke 106, bangun sejumlah infrastruktur penting bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

NNews-Limapuluh Kota

Bagian nyata dari rakyat,tak hanya menjaga kedaulatan dari ancaman dari luar, TNI bersama Polri, Pemerintah dan masyarakat bersatu padu dalam kegiatan TMMD/N yang kini menyasar masyarakat di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.Hal itu ditandai, pembukaan secara resmi, Rabu(2/9) pagi di Lapangan Situjuah Ladanglaweh.

Senyum sumringah, raut wajah suka cita jelas terlihat dari ribuan warga yang ikut hadir dalam pembukaan TMMD/N secara resmi kermarin. Pembangunan infrastruktur yang dibangun sudah pastiakan segera dinikmati masyarakat di Kecamatan Situjuh Limo Nagari nantinya.

Dansatgas TMMD ke 106 Kodim 0306/50 Kota Letkol Kav. Solikhin, dihadapan Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi, Kasrem 023/Wbr Kol Inf Edi Nurhabad, Wakil Bupati, Ferizal Ridwan, Ketua DPRD, Deni Asra, Forkopimda, serta tokoh masyarakat menyampaikan, TMMD/N akan melaksanakan kegiatan fisikdan non fisik untuk kesejahteraan masyarakat.

Kemanunggalan TNI-Rakyat, kata LetkolKav Solikhin, dalam upaya menyiapkan ruang, alat, dan kondisi yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas kemanan daerah. Menciptakan sarana dan prasrana yang ditujukan mampu mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat.    

“Sebelumnya, pelaksanaan TMMD ini sudah diawali dengan Pra pada bulan Juli/Agustus dengan Sasaran fisik buka jalan sepanjang 9 KM dengan lebar jalan 9 M,”ucap Dansatgas TMMD/N, Letkol Kav Solikhin menambahkan.

TMMD/Njuga akan menyasar kegiatan nonfisik serta kegiatan tambahan akan dilaksanakan di bulan Oktober 2019. TNI Manunggal Membangun Desa ini bertujuan untuk menyongsong kesejahteraan bagi kehidupan rakyat.

“Sasaran kegiatan, sasaran fisik berupa buka jalan baru dengan panjang 9000 meter dan lebar 9 meter yang menghubungkan Nagari Situjuah Ladang Laweh dan nagarj Situjuah Tungka, Kecamatan Situjuah Limo Nagari,”ulas Letkol Kav Solikhin.

Pembangunan yang akan dilaksanakan rinciannya, mulai dari pembuatan plat daker 4 titik, pasangan gorong-gorong di 10 titik, pemasangan batu pada titik rawan longsor disepanjang jalnyang dibangun, pembuatan Rumah layak Huni 4 unit dan pembuatan Mushalla 1 unit.

“Sasaran non fisik TMMD kali ini pemberian penyuluhan sosialisasi dan pembekalan berbagai materi yang dibutuhkan oleh masyarakat.”Nantinya, kegiatan ini dilaksanakan pada 02 September hingga  31 Desember mendatang dengan personel Satgas sebanyak 150 orang,”ucap Dansatgas.  

Sementara Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengatakan, TMMD ini menjadi momentum berharga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebab TMMD merupakan salah satu program operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu oleh TNI bekerjasama dengan Polri,kementrian, lembaga pemerintah non kementrian, pemerintah daerah dan komponen masyarakat. Harapannya mampu meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri.

“TMMD  secara nyata memberikan bukti membantu pemerintah dalam meningkatkan akselarasi pembangunan di daerah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,”ujarnya.

TMMD sebagai bentuk pengabdian demi terwujudnya pertahanan negara yang tangguh di daerah, sekaligus merupakan upaya TNI untuk berkontribusi melestarikan kemanuggalan TNI-Rakyat dan penerapan gotongroyong.

“TMMD dapat mempercepat proses pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah. Karena sasaran TMMD meliputi kegiatan fisikyang terdiri dari pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum yang menjadi kebutuhan masyarakat, RTLH, dan fasilitas lainnya,”jelas Irfendi Arbi.

Diharapkan, pembangunan sasaran fisik terutama pembukaan jalan dapat membuka isolasi suatu daerah menuju pusat-pusat pertumbuhan yang akhirnya dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Kita semua berharap TMMD kali ini akan mencapai hasil yang maksimal sebagaimana yang diharapkan serta sejalan dengan semangat yang terkandung dalam tema TMMD ke 106. Melalui TMMD kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat,”pungkas Bupati.(***)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia