UKW Mempermudah, Bukan Mempersulit Wartawan

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Pelatihan : Pelatihan Jurnalistik Pra UKW PWI Kota Payakumbuh-Limapuluh Kota, Selasa(16/12).

Payakumbuh, NNews–Menyigi soal Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Barat, Heranof Firdaus tegaskan, UKW tidak mempersulit, namun akan lebih meringankan pekerjaan wartawan. Sehingga mengikuti UKW tak perlu ditakuti.

Hal itu diungkapkan Ketua PWI Sumbar, saat pelatihan jurnalistik pra UKW yang digelar PWI Payakumbuh-Limapuluh Kota, di Gedung eks Pertanian Sumbar di Simpang Benteng, Kota Payakumbuh, Senin(16/12) pagi.

Bacaan Lainnya

“Banyak juga wartawan yang merasa takut mengikuti UKW, padahal tujuannya bukan untuk mempersulit wartawan. Namun sebenarnya lebih pada memudahkan wartawan menulis berita sesuai kaidah penulisan dan aturan yang dimuat UU Nomor 40 Tahun 1999 . Sehingga lahirlah, wartawan-wartawan profesional,”ucap Heranof Firdaus.

Ketua PWI, Heranof Firdaus bersama Ketua Dewan Kehormatan PWI, Basril Basyar, Ketua PWI Bidang Pendidikan, Sawir Pribadi, dihadapan 40 peserta pelatihan menyebutkan, tengah mempersiapkan UKW di masing-masing daerah di Sumatera Barat.”Kita sudah kirim surat ke Gubernur untuk bisa diakomodir untuk UKW di masing-masing kabupaten dan kota. Mudah-mudahan segera ditindak lanjuti dan kita bisa laksanakan UKW di daerah-daerah,”tambah Heranof.

Sementara, Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumatera Barat, Basril Basyar mengaskan, UKW akan menilai, pentingnya memiliki jaringan narasumber, menyusun berita dan mengoreksi sendiri berita sebelum diserahkan ke meja redaksi.

“UKW tidak sulit, hanya menuntun kembali wartawan sesuai pekerjaan jurnalistik. Jika sudah biasa menulis berita, feature dan karya jurnalistik, UKW mudah untuk dilalui. Kecuali memang sama sekali tidak bisa mebyusun berita,”ucap Basril Basyar didampingi Ketua PWI Kota Payakumbuh dan Limapuluh Kota, Yusrizal bersama pengurus PWI lainnya.

Kabag Humas Pemkab Limapuluh Kota, Hendra mengatakan, tantangan besar wartawan sangat berat dan menuntut profesionalisme. Sehingga sangat penting Uji Kompetensi Wartawan (UKW), sekaligus peningkatan kapasitas para wartawan.

“Kode etik jurnalistik (KEJ) harus menjadi bagian aturan bagi waryawan dalam melakukan tugas-tugas jurnalistik mulai dari pengumpulan data informasi mengolah hingga menyajikannya bagi masyarakat. Kami dari Pemkab Limapuluh Kota sangat mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik pra UKW yang digelar PWI ini,”ucap Hendra.(nn)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia