Kadisdikbud Minta Empat Kompetensi ini dari 172 Orang Guru Liko yang Sudah Terima SK PNS

  • Whatsapp
Kadisdikbud Kabupaten Limapukuh Kota, Indrawati Munir. Foto/ Dok Pribadi Indrawati Munir
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Limapuluh Kota, nagari-news.com– Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Limapuluh Kota (Liko), Indrawati Munir, berharap 172 orang guru yang baru saja menerima SK PNS, menguasai Empat bidang kompetensi.

Bacaan Lainnya

“Terdapat Empat kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru. Kompetensi itu, pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial,”ungkap Kadisdikbud, Indrawati Munir usai penyerahan SK PNS guru oleh Bupati Limapuluh Kota, Selasa(26/5).

Pedagogik artinya, guru mampu memahami siswa yang disuhnya, kemudian merancang sistem pembelajaran, termasuk melakukan evaluasi pembelajaran. 

Selanjutnya, juga mesti memiliki kemampuan kompetensi kepribadian sebagai contoh dan teladan bagi siswa, dengan memiliki kepribadian unggul dengan sikap kedewasaan berfikir, berwibawa, adil, dan berakhlak mulia. 

“Sementara dari sisi profesionalisme kerja, guru dituntut memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam terhadap materi ajar yang diberikan. Semua hal terkait kurikulum, silabus, penyusunan soal, dan materi uji melekat pada kompetensi ini,”sebut Indrawati.

Terakhir, kompetensi sosial, Indtawati berharap guru memiliki kemampuan sosial yang tinggi,”Artinya, kemampuan guru untuk bisa berkomunikasi dan membangun hubungan sosial dengan siswa, orang tua, tenaga pendidik lainnya, dan masyarakat sekitar,”harap Indrawati Munir.(nn)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia