CERPEN : GODOK UBI ESTI

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

“Esti adalah mahasiswi lulusan Politeknik Pertanian Negeri yang memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran. Uniknya, Esti bikin produk olahan yang diraciknya sendiri dari hasil penelitian yang dia lakukan di kampus bersama teman-temannya. Ubi kayu dicampurkan Gula Aren yang ekonomis dan sehat.

Awalnya dia cuma memasarkan di kalangan masyarakat kampungnya lalu setelah itu dicarinya orang lain untuk berjualan keliling ke kampung tetanga. Tak berselang begitu lama banyak juga pemuda yang biasanya mengangur di kampung juga mau berjualan ke kampung lain. Selain harganya yang murah dan juga terjangkau serta sesuai dengan kantong orang kampung, produknya juga menyehatkan.

Bacaan Lainnya

“Esti, apa sih yang membuat kamu lebih suka berwirausaha Godok Ubi?” Kata Reni sahabat Esti. “Padahal kamu termasuk mahasiswi yang pintar. Kalau kamu mau kan bisa saja melamar jadi pegawai Negeri atau melamar di perusaan.” Lanjut Reni.

Begitu pula kawannya yang lain. Mereka juga merespon apa yang tengah dilakukan Esti. “Apa kamu tidak malu ke4ja begini, percuma saja kan, kamu yang pintar, cantik pula, kok usaha bikin Godok Ubi. Dengan harga yang murah lagi. Kapan kayanya? Hehe.” Tanya salah seorang kawannya yang dulu begitu akrab dengan Esti penuh penasaran.

Esti pun menjawab sambil tersenyum tipis: “Yang penting usaha ini berjalan lancar dan juga bisa dapat meperkerjakan orang lain, serta bisa membeli hasil pertaniaan masyarakat. Kalau aku mau mencari kerja di perusahan bisa saja. Juga seperti bekerja jadi TKW keluar Negeri.”

“Niat aku kuliah itu sesungguhnya hanyalah untuk mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan, bukan cuma untuk cari uang saja apa lagi untuk jadi pekerja.”

“Aku akan merasa bahagia bila usahaku bisa bermanfaat untuk orang lain walau hanya bikin Godok Ubi.” tutur Esti.

Mendengar penjelasan sikap dan perkataan Esti itu Reni dan sahabanya yang lain terdiam sabil menggaguk-angguk kepala”.

Memang tak banyak anak muda yang punya pandangan yang mencerahkan semacam ini. Esti memang seorang anak muda yang pintar dan cerdas serta paham apa yang sesungguhnya ia dan masyarakat lingkungan butuhkan. Semoga ada Esti Esti yang lain mengikuti jejak kedewasaan berpikir ini.

Sikabu 6 juni 2020
“majid”

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia