Kapolres Ingatkan Masyarakat Pahami Bahaya Covid-19

  • Whatsapp

Warga yang Diamankan Minta Maaf

Payakumbuh, kcekdata.com–Bahaya pandemi Covid-19, perlu disadari masyarakat. Sementara pemerintah harus aktif mensosialiosasikan, agar tidak terjadi beda pandangan. Sehingga menyebabkan keluarga memaksakan diri untuk penyelenggaraan jenazah terkonfirmasi positif seperti yang terjadi di Kabupaten Limapuluh Kota beberapa hari lalu.

Sempat heboh dengan pembukaan paksa peti jenazah dan penyelenggaraan jenazah terkonfirmasi positif Covid-19 oleh warga hingga pengusiran petugas gugus tugas, Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan luruskan masalah yang terjadi dalam jumpa pers di Mapolres Payakumbuh, Rabu(26/8) sore.

Bacaan Lainnya

Menurut Kapolres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan, setelah 6 orang yang diamankan atas insiden buka paksa peti jenazah dan pengusiran petugas, diketahui keluarga belum meyakini saat itu, bahwa almarhum YS positif Covid-19 tanpa ada keterangan tertulis dari otoritas berwenang.

“Sehingga pihak keluarga juga tidak mempercayai penjelasan dari Gugus Tugas bahwa jenazah sudah dimandikan. Sehingga keluarga memandikan dan memakamkan tanpa protokol covid-19,”terang Kapolres AKBP Dony Setiawan.

Kapolres juga menjelaskan terkait enam orang yang sudah diamankan, setelah ditunjukkan hasil laboratorium Unand Padang secara tertulis yang menyatakan almarhumn YS terkonfirmasi positif Covid-19, barulah enam orang tersebut menyadari perbuatannya salah, kemudian minta maaf dan bersedia mengikuti tes Swab.

“Empat orang diantaranya yang berkontak langsung dengan almarhum YS juga sudah bersedia untuk mengikuti tes Swab,”ucap Kapolres menambahkan.

Sesuai protokol covid-19, orang dalam pantauan (ODP) diminta untuk menjaga jarak sosial dengan warga lainnya hingga hasil uji labor menyatakan yang bersangkutan negatif covid-19.

“Kejadian seperti ini agar tidak terualang, masyarakat diminta mempercayakan penyelenggaraan jenazah kepada petugas dari tim gugus tugas aagar tidak terjadi hal-hal yang akan menimbulkan resiko bagi masyarakat dan kita semua,”pungkas Kapolres, Dony Setiawan.(mj)

Pos terkait