Demokrat-PAN Sebut Kemungkinan Peluang Koalisi

  • Whatsapp

Empat Partai Berpeluang Usung Satu Paslon

Limapuluh Kota, kcekdata.com–Bersiap menangkan bakal pasangan calon (Bapaslon) Darman Sahladi-Maskar, partai Demokrat matangkan strategi untuk pemenangan. Kendati masih digawangi dua partai pengusung, kedepan masih terbuka peluang penambahan koalisi partai pengusung.

Bacaan Lainnya

Hal itu diungkapkan, Darman Sahladi kepada kecekdata.com disela-sela pertemuan tim kedua partai, Rabu(2/9), di posko pemenangan, Tanjungpati,
Limapuluh Kota.

“Kedepan, soal koalisi pemenangan dari partai lainnya, masih ada kemungkinan. Sebab semua kita masih terbuka untuk semua partai dan sama-sama berjuang,”ungkap Darman Sahladi dan Maskar Musdar optimistis memenangkan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota.

Demokrat dan PAN berdasarkan perhitungan perolehan kursi, sudah berlebih dari syarat Tujuh kursi mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati. Sebab Dekokrat dengan Lima kursi DPRD ditambah PAN, Tiga
kursi perolehan.

Berdasarkan kondisi terkini, ada beberapa nama kandidat yang sudah hampir final. Ada nama Muhammad Rahmad-Asyirwan Yunus dengan partai pengusung, Gerindra dan PKB. Selain itu ada Ferizal Ridwan Nurkhalis, pasangan perseorangan.

Selain itu ada nama Safaruddin Datuak Bandaro Rajo-Muhammad Rizki Kurniawan yang dikabarkan diusung, Golkar dan PPP. Selain itu masih ada sejumlah partai yang saat ini masih tersisa dan bisa saja menjadi pendukung nama yang sudah muncul atau mengusung pasangan lainnya.

Partai Nasdem dengan perolehan Satu kursi DPRD, Empat kursi Hanura, Dua kursi PDI Perjuangan dan Empat kursi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Artinya ada Sepuluh kursi DPRD dengan Empat partai yang berpeluang usung pasangan calon.

“Saat ini, kita intensifkan komunikasi dengan Hanura dan PKS. Mudah-mudahan bisa berkoalisi dengan PDI P untuk mengusung satu pasangan Bupati dan Wakil Bupati. Saat ini tengah dijajaki dengan DPP PKS,”sebut pengurus DPC PDI Perjuangan Limapuluh Kota, Joni Datuak Bosa kepada kcekdata.com, Rabu siang.

Jika PDI P berhasil merangkul PKS atau Hanura masih butuh satu kursi tambahan lagi, hingga mencukupi Tujuh kursi. Namun jika keduanya berhasil dirangkul, sudah aman untuk mengusung satu pasangan, ditambah Nasdem dengan satu kursi.

Secara keseluruhan kursi DPRD Kabupaten Limapuluh Kota berjumlah 35 kursi, rinciannya, Gerindra miliki 6 kursi, Golkar dan Demokrat masing masing 5 kursi, PKS dan Hanura masing-masing 4 kursi, PPP dan PAN masing-masing 3 kursi, PKB dan PDI-P masing-masing 2 kursi, serta Nasdem 1 kursi.(*)

Pos terkait