Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Mulai, Warga di Minta Kooperatif

  • Whatsapp

Limapuluh Kota, kcekdata.com– Sensus Penduduk 2020 resmi diluncurkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dan akan segera dimulai kembali pada tanggal 1 September 2020. Sensus penduduk merupakan kegiatan setiap 10 tahun sekali yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Pada tahun 2020 ini sensus dilakukan dengan 2 metode yaitu secara online dan offline, sedangkan sensus penduduk secara online telah dilakukan beberapa bulan yang lalu dan mulai tanggal 15 Februari – 29 Mei 2020.

Bacaan Lainnya

Dari sensus penduduk secara online tersebut, terdata hanya 51,6 juta jiwa penduduk yang berpartisipasi atau sekitar 19 persen dari total penduduk indonesia.

Untuk mencapai dan melengkapi data, Sensus Penduduk 2020 akan dilakukan dengan offline atau pencacahan lapangan yang dikerjakan oleh petugas sensus yang telah di tunjuk oleh BPS di masing-masing kabupaten dan kota.

“Tahap pendataan lapangan sensus penduduk 2020 (SP2020) siap dimulai, pendataan lapangan itu akan dilaksanakan selama sebulan dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada hari Rabu 2 September 2020 kami petugas sensus khususnya Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Pajang telah mulai berkoordinasi dengan kepala jorong dan pemerintahan nagari, setelah itu baru turun kelapangan.

“Selaku petugas Sensus penduduk kami berharap partisipasi seluruh Warga Nagari Tanjung Haro Sikabu Kabu Padang Panjang untuk ikut mensukseskan Sensus Penduduk tahun 2020 ini, jadi warga diminta kooperatif saat didatangi petugas,” kata  Popi Amir selaku petugas sensu di nagari.

 “Pemerintah akan lebih mudah melaksanakan program pembangunan karena ketepatan data yang diperoleh. Data yang benar itu, nantinya akan kembali kepada warga sendiri, dalam bentuk kesejahteraan yang makin baik,” tambahnya (*)

Pos terkait