Limapuluh Kota Dalam Zonasi Orange Covid-19, Hampir Dekati Merah

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Limapuluh Kota, kcekdata.com –Bertambahnya kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota, membuat daerah ini dalam kategori zonasi Orange. Artinya dalam kondisi sedang mendekati zonasi resiko tinggi penularan yang disebut zonasi Merah. Sehingga perlu kewaspadaan dan kesadaran tinggi masyarakat untuk bersama-sama memutus rantai tular virus berbahaya tersebut.

Peta zonasi risiko, tentunya bukan sekedar pelabelan. Namun dibuat berdasarkan indikator kesehatan masyarakat. Setidaknya ada tiga indikator penentu penetapan zonasi tersebut. Mulai dari epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Bacaan Lainnya

Pasca berubahnya status pandemi Covid-19 dari kuning ke Orage di Kabupaten Limapuluh Kota, Satuan Tugas Covid -19 dibawah pimpinan Bupati, Irfendi Arbi, terus bergerak memutus mata rantai penyebaran virus mematikan itu ke berbagai nagari.

Sepanjang Rabu (21/10), bupati dan BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, turun langsung ke sejumlah nagari di beberapa kecamatan, melakukan menyemprotkan disinfektan ke kantor wali nagari, rumah ibadah, sekolah dan lain. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman beraktifitas termasuk untuk beribadah

Seperti direllis Humas Pemkab Limapuluh Kota, ditengah kesibukan aksi penyemprotan dan aksi bagi bagi masker kepada masyarakat di Nagari Bukiklimbuku, Rabu (21/10) siang. Bupati mengimbau warga ketatkan protokol kesehatan menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker.

Bersama Walinagari Bukik Limbuku, Dodi saat penyemprotan, Bupati juga membagikan masker di depan kantor wali nagari setempat. Dilajutkan dengan penyemprotan masjid dan sekolah.

“Kita harap masyarakat benar-benar mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap menggunakan masker jika hendak keluar rumah. Kemudian untuk masker terbuat dari kain ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah dan berbagai pihak lainnya yang ada di kabupaten Limapuluh Kota,”terang Irfendi.

Pemkab berkomitmen akan terus menyebar masker kepada masyarakat dan mengingatkan mayarakat tentang pentingnya menggunakan masker saat keluar rumah.

“Jangan keluar rumah kalau tak perlu dan hindari keramaian serta mari jaga kebersihan lingkungan dan sekitar rumah. Selain itu, kita perlu menerapkan protokol kesehatan di Luak nan Bungsu ini. Upaya itu, untuk antisipasi dan mencegah penyebaran virus corona tersebut,”ulas bupati. Lagipula Pemkab Limapuluh Kota, melalui gugus tugas selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat,”ujarnya. (m)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia