Polisi Gagalkan Peredaran 100 Kilogram Ganja Dipayakumbuh

  • Whatsapp

Sempat Tabrak Pengendara, Empat Tersangka Dibekuk

Payakumbuh, kcekdata.com — Aksi luar biasa, Tim Operasional Gagak Hitam, Satuan Reserse Narkoba Polres Payakumbuh, gagalkan peredaran 100 kilogram Ganja kering di Kota Payakumbuh. Barang haram kategori Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba) asal Panyabungan, Sumatera Utara tersebut berhasil diamankan setelah aksi kejar-kejaran polisi dengan tersangka, Selasa(6/10).

Bacaan Lainnya

“Benar, kita berhasil mengungkap peredaran ganja dengan menangkap Empat orang tersangka dan barang bukti (BB) Ganja kering siap edar sekitar 100 kilogram,”ungkap Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira didampingi Wakapolres, Kompol. Jerry Syahril, Kasat Resnarkoba, Iptu Desneri dan Paur Humas, Ipda Satria Rudi,di Mapolres Payakumbuh, Selasa(6/10) sore.

Penangkapan terhadap para tersangka inisial EP panggil Dirga, 25, DAS panggil Dion, 21, V panggil Virgo , 22 dan PD panggil Putra, 24 diwarnai aksi kejar-kejaran usai dihadang blokade Satresse Kriminal Polres Payakumbuh di Traffic Light persimpangan Ngalau, Koto Nan Ompek, sekitar pukul 11.00 WIB.

“Tersangka sempat menabrak warga di persimpangan Ngalau dan berhasil melarikan diri ke arah Ibuah, Kecamatan Payakumbuh Barat. Para tersangka meninggalkan mobil Toyota Avanza warna Hitam bernomor Polisi Ba 1329 RZ dihalaman salah satu rumah warga. Dalam mobil tersebut terdapat ganja kering dalam jumlah besar dlsekitar 100 kilogram,” ucap Kapolres Payakumbuh yang anak Nagari Luak Nan Tuo Batusangkar ini, saat pres rellis, Selasa sore.

Perburuan terus dilakukan jajaran Satreskrim Polres Payakumbuh usai menemukan mobil milik para tersangka. Tak berselang lama bersama warga, polisi berhasil menemukan keberadaan tersangka yang bersembunyi dorumah kosong dan ladang milik warga.

“Satu orang tersangka inisial PD sebelumnya berhasil ditangkap saat lompat dari mobil dan mencoba kabur. Sementara tiga orang lainnya setelah hampir tiga jam pencarian, EP dan DAS berhasil ditangkap bersembunyi dalam salah satu ruangan dirumah kosong, sementara, V berhasil dibekuk dari persembunyian dalam sebuah kebun warga,” terang Kapolres, AKBP Alex Prawira didampingi Kasat Reskrim, Iptu Desneri.

Selain ganja seberat 100 kilogram yang dibungkus lakban warna Kuning didalam karung tersebut, polisi juga mengamankan satu paket kecil ganja di tempat tisu mobil. Saat ini para tersangka bersama paket ganja 100 kilogram dan paket kecil ganja bersama ponsel dan mobil Avanza milik tersangka diamankan di Mapolres Payakumbuh untuk proses hukum lebih lanjut.

“Berdasarkan pengakuan tersangka, ganja dibawa dari Panyabungan Sumatera Utara dan diantarkan kepada salah seorang di Kota Payakumbuh untuk diedarkan. Tersangka mengaku tidak kenal dan kemana barang tersebut akan diberikan.

“Hanya saja untuk orang yang akan menjemput ganja tersebut berinisial, RK, saat ini sudah menjadi salah satu Daftar Pencarian Orang (DPO). Tersangka menyebutnya dengan sebutan orang gudang,” ditambahkan Kasat Resnarkoba, Iptu Desneri.(*)

Pos terkait