Tokoh Lima Puluh Kota dan Tokoh Olahraga Nasional Dukung Kampung Sarugo Juarai API 2020

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

LIMA PULUH KOTA, kcekdata.com — Kampung Saribu Gonjong (SARUGO) di Jorong Sungai Dadok, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Lima Puluh Kota terus bergiat menuju Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Sebelumnya, Bupati Irfendi Arbi telah mengeluarkan Surat Edaran untuk melakukan voting massal kepada seluruh stakeholder di Kabupaten Lima Peru.

Kali ini, dukungan untuk Kampung Sarugo menjadi Kampung Adat Populer datang dari tokoh Lima Puluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro dan tokoh olahraga Nasional asal Payakumbuh, Nil Maizar. Saat ditemui Rabu 23 Desember 2020 Safaruddin Datuak Bandaro memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang telah mengawal API 2020 sejak awal.

Bacaan Lainnya

“Melihat waktu yang tinggal menghitung hari, mari kita dukung Wisata Kampung Sarugo yang terletak di Jorong Sungai Dadok, Koto Tinggi dengan cara ketik API (spasi) 13D kirim SMS ke 99386 dan like di postingan Instagram @APIAwards Kategori Kampung Adat Populer – Kampung Sarugo, Kabupaten Lima Puluh Kota,” kata Safaruddin yang sebelumnya menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Sumbar.

Ia menjelaskan masuknya Kampung Sarugo sebagai Kampung Adat Populer di ajang API 2020 ini menjadi momentum bagi Lima Puluh Kota memperkenalkan pariwisata lokal ke tingkat nasional. Hal senada juga diberikan oleh tokoh olahraga nasional Nil Maizar yang mendukung dan mengajak seluruh masyarakat Sumbar baik yang di ranah atau di rantau untuk memberikan dukungan lewat SMS.

“Mari kita semua Urang Awak dimana pun berada mendukung Kampung Sarugo menjadi Kampung Adat Populer Adat di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020,” kata Nil Maizar, mantan pelatih Timnas Indonesia tahun 2012 dan kini tengah mengarsiteki klub asal Jawa Timur, Persela Lamongan.

Sementara itu, Kampung Sarugo ini dibina langsung oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota. Wakil Rektor III UMSB Bidang Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Moch Abdi didampingi Kasi Promosi Disparpora Novi Rita berharap agar hadirnya Kampung Sarugo sebagai destinasi wisata di Lima Puluh Kota dapat memberikan dampak positif, khususnya bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan perekonomian setempat.

“Harapannya adalah adanya perkembangan daerah dan adanya pemanfaatan potensi lokal yang dilakukan oleh SDM lokal. Hal ini tentunya tetap mengedepankan kearifan lokal dan Kampung Sarugo ini diharapkan sebagai destinasi baru bagi dunia pariwisata yang akan berdampak juga terhadap perekonomian dan masyarakat serta menambah lapangan kerja baru bagi masyarakat,” ujarnya. (*)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia