2.520 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Limapuluh Kota

  • Whatsapp

AC Ambulance Rusak, Cool Box Diangkut Mobil Pengawalan Polisi

Limapuluh Kota, kcekdata.com — Sedikitnya 2.520 dosis vaksin Sinovac untuk kekebalan tubuh melawan virus Covid-19, tiba di Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis(28/1) sekitar pukul 16.00 WIB. Dijaga ketat aparat kepolisian Polres Limapuluh Kota dan personel Yon A Sat Brimob Polda Sumbar. Kerusakan Air Conditioner (AC) kendaraan pembawa cool box vaksin harus dipindahkan untuk menjaga suhu tetap aman.

Kapolres Limapuluh Kota Kota, AKBP, Trisno Eko Santoso diwakili Kabag Ops, Rudi Munanda dalam arahan sebelum penjemputan menyampaikan agar laksanakan tugas pnjemputan dengan sebaik-baiknya.

Bacaan Lainnya

“Laksanakan kegiatan ini dengan sebaik baiknya dengan mengutamakan keselamatan dari pada kecepatan. Tetap waspada selama dalam perjalanan, menghindari adanya kemungkinan hal-hal yang tak terduga” ujar Kabag Ops di halaman kantor Dinas Kesehatan eks kantor Bupati Limapuluh Kota, Kamis(28/1) pagi.

Sedikitnya 7 Unit kendaraan dikerahkan dalam penjemputan vaksin Sinovac yang dipimpin Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Limapuluh Kota, IPDA Elmondri dan diikuti para petugas dari Ba Sat Lantas Polres Limapuluh Kota, Humas Polres Limapuluh Kota, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo dan Gudang Farmasi Kabupaten Limapuluh Kota.

Setibanya di Instalasi Farmasi Provinsi Sumatera Barat, dilakukan pengepakkan pada Pukul 12.50 WIB. Setelah menunggu giliran pendistribusian karena pada waktu bersamaan seluruh kabupaten kota juga melakukan penjemputan vaksin Covid-19.

Vaksin Sinovac dikemas dalam 2 buah Cool Box berjumlah 2.520 dosis yang tersimpan dalam 63 kotak dengan jumlah isi per kotak sebanyak 40 Vial. Serah terima vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech sebanyak 2 cool box ini berlangsung pada pukul 13.12 WIB.

Vaksin Sinovac

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun kcekdata.com dari Polres Limapuluh Kota, dalam penjemputan vaksin sempat mengalami sedikit kendala, beruntung bisa diatasi dengan cepat okeh Kepala Gudang Instalasi Farmasi Limapuluh Kota, Anton.

Kendala ringannitu, ketika mobil ambulance Dinkes Limapuluh Kota, Isuzu NLR 55 Bus 100 PS mengalami korsleting listrik pada sekring AC. Sehingga Cold Box sebanyak 2 buah tersebut diletakkan di kendaraan pengawal depan Sat Lantas Polres 50 Kota Toyota Hilux No Pol. III 1119 – 40 yang diletakkan di bangku belakang dengan suhu AC kendaraan dinilai mencukupi persyaratan sebagai suhu penyimpanan vaksin.

Selanjutnya pada pukul 13.30 WIB rombongan bergerak menuju Kabupaten Limapuluh Kota dengan protokol pengawalan depan dan belakang serta pengawalan dari kendaraan Security Barrier Yon A Brimob Polda Sumbar.

Pada pukul 16.00 WIB rombongan tiba dengan selamat di Gudang Instalasi Farmasi Kabupaten Lima Puluhkota dan melakukan penghitungan ulang serta pemindahan vaksin yang disaksikan para petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota. Selanjutnya pengamanan vaksin Covid-19 diserahkan kepada personil Polres Limapuluh Kota sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, dr. Tien Septino belum memberikan informasi resmi terkait vaksin Sinovac yang telah tiba di Kabupaten Limapuluh Kota. Saat coba dihubungi via telepon genggamnya, Kamis(28/1) sore, Tien Septino hanya mengatakan, informasinya besok,”Saya lagi nyetir, tidak jelas suara dimobil, besok saja dikantor,”ucap Tien Septino singkatbdan sambungan telpon langsung terputus.

Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra mengatakan, pencanangan vaksinasi akan dilakukan Senin(1/2).”Kita diundang untuk pencanangan vaksinasi, Senin pekan depan,”ucap Ketua DPRD Limapuluh Kota, kemarin.

Meski belum mendapatkan informasi resmi dari Dinas Kesehatan, namun informasi yang berhasil dihimpun kcekdata.com, dokter tertua yang masih bertugas di Puskemas, Dokter Prima Noveki Syahrir, menjadi orang pertama yang akan divaksin.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, vaksin Sinovac aman dan sudah melalui uji klinis dengan baik. Saya dokter tertua yang masih bertugas di Puskesmas akan menjadi yang pertama divaksin. Tidak usah khawatir, bahkan sejumlah pemimpin seperti presiden Turki, Recep Tayip Erdogan dan Priseden RI, Joko Widodo, sudah divaksin,”ucap Dokter berusia 56 tahun yang juga aktivis Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Limapuluh Kota ini, Kamis malam.(m)

Pos terkait