Fitrida, Ibu Penderita Kanker yang Cukup Terbantu KIS BPJS

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Sayang Terkendala Biaya Kebutuhan Hidup Selama Pengobatan

Limapuluh Kota, kcekdata–Menderita penyakit berat, divonis kanker rahim oleh tim medis dan perlu dilakukan tindakan operasi hingga dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Namun Fitrida, 47,  warga Jorong Madangkodok, Nagari Sungaikamuyang, Kecamatan Luak ini, sekarang hanya mampu terbaring dirumah, karena tidak ada biaya lagi untuk menjalani kelanjutan pengobatan. 

Bacaan Lainnya


Tubuh ibu Tujuh orang anak yang alami pendarahan tak biasa sejak 5 bulan lalu itu, terlihat mulai lemas. Meski masih kuat untuk duduk ditempat tidurnya, dikasur yang digelar disalah satu ruangan rumahnya, namun raut wajah menahan rasa sakit tak bisa disembunyikannya. 
Fitrida mengaku alami gejala pendarahan tak biasa itu, sejak awal tak menyangka akan menderita penyakit cukup serius. Namun pihak rumah sakit mendiagnosa penyakit yang diderita istri Nurzamris, 48, ini penyakit yang butuh pemanganan serius sejak beberapa waktu lalu. 


Hanya saja membayangkan untuk kebutuhan biaya berobat di Kota Padang, keluarga ini tak mampu berbuat banyak. Sebab penghasilan dari suami yang hanya pekerja serabutan tak mencukupi. 
Tinggal di perbatasan Nagari Tanjuang Haro Sikabu-Padang Panjang dan Nagari Sungai Kamuyang, Fitrida tinggal bersama anak dan suaminya dirumah semi permanen sederhana. Merawat istri yang sedang sakit dan harus nencari nakah untuk keluarga, membuat Nurzamris suami Fitrida dalam masa-masa sulit.


Kendati begitu, Nurzamris tetap mengupayakan pengobatan sang istri. Namun  apa daya, kesembuhan belum ditemui dan cobaan belum juga berakhir.  
“Sebelumnya juga sudah menjalani pengobatan di Payakumbuh, bahkan sudah pernah juga dioperasi. Sudah lima kali isti saya ini dirawat dirumah sakit. Terakhir disuruh dirujuk ke RSUP M Djamil Padang,”ucap suami Fitrida, Nurzamris.

 
Bahkan kata Fitrida, rujukan untuk kerumah sakit di Padang sudah hampir tak berlaku. Sebab tak ada biaya untuk selama dirawat di Kota Padang.”Uda hanyo tukang Sinso, penhasilan hanya cukup untuk kebutuhan kami hari-hari saja,”ucap Fitrida lirih saat Padang Ekspres berkunjung, Minggu(21/2) sore. 


Terdaftar sebagai peserta JKN BPJS, biaya pengobatan sudah jauh meringankan beban keluarga kurang mampu ini saat menjalani pengobatam dirumah sakit. Hanya saja keluarga Fitrida tak sanggup menanggung biaya bolak balik dan kebutuhan selama dirawat dirumah sakit.


“Kami tak tau harus berbuat apalagi, kami hanya bisa berdoa agar penyakit ini diangkat oleh yang maha kuasa. Biaya pengobatan tentunya tak masalah lagi, sebab sudah ditanggung BPJS. Hanya saja soal kebutuhan hidup yang harus dipenuhi, sangat berat bagi kami,”keluh Fitrida lagi. 


Tak hanya soal biaya selama pengobatan, kebutuhan anak-anak yang ditinggal dirumah juga sangat penting. Jika suami menunggui dirumah sakit, tentu tak ada lagi yang akan bekerja dan menghasilkan untuk kebutuhan keluarga. 


“Ya Allah, semoga cobaan dan ujian ini segera berakhir,”ucap Fitrida yang menyentuh hati saat menyampaikan keluh kesahnya. 


Bagi masyarakat yang ingin membantu meringankan beban kurang mampu ini, bisa langsung mendatangi kediaman Fitrida di Jorong Madang Ladok, Sungaikamuyang, atau melalui kontak telp suami, Nurzamris di nomor : 082387184372. (***)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia