Peringati HPN, BW Luak Limopuluah Rencanakan Ziarah Makam Wartawan

  • Whatsapp
Foto : BW Luak Limo Puluah, Persiapan HPN 2021
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Payakumbuh, kcekdata.com — Jelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Selasa(9/2) pekan depan, komunitas Balai Wartawan (BW) Luak Limo Puluah (Payakumbuh dan Limapuluh Kota, red) bakal gelar agenda sederhana untuk mengenang para jurnalis. Khusus yang telah meninggal dan dimakamkan di Luak Limopuluah.

Meski dinilai tak akan cukup waktu satu hari untuk menziarahi, sebab ada belasan hingga Dua Puluh orang wartawan yang diketahui bermakam di dua daerah bertetangga ini. Bertujuan mengenang dan belajar dari perjalanan dan kontribusi pemikiran untuk membangun daerah.

Bacaan Lainnya

“Semoga nanti bisa dipetik pelajaran, bagaimana kontribusi dan peran pers untuk membangun daerah bersama masyarakat. Sekaligus belajar alur pemikiran tokoh-tokoh pers masa lalu,”ucap Koordinator Balai Wartawan, Arfidel Ilham bersama, Dadang Esmana, Aking Romi Yunanda, Syafri Ario , Rino Chandra, Mardi dan Arief Wisa serta sejumlah wartawan lainnya, saat persiapan jelang HPN, Kamis(4/2).

Tokoh masyarakat Kota Payakumbuh, Anda Setia Budi yang juga anak dari salah seorang tokoh wartawan di Limapuluh Kota sangat mendukung dan apresiasi kegiatan BW Luak Limopuluah dalam bentuk ziarah tersebut.”Kita sangat mendukung dan patut diapresiasi kegiatan yang bakal digelar dalam peringatan HPN nanti,”ucap Anda Setia Budi, kemarin.

Sementara, Aking Romi Yunanda, Akmal dan Ihsan sebagai wartawan muda di BW Luak Limopuluah, meskipun semasa hidup wartawan dikenal kritis, tetapi dari kritikan dalam pemberitaan menjadi cerminan masyarakat dan acuan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan.

“Kita ziarah, mendatangi keluarga dan memberikan penghormatan dengan mendoakan mereka,” ucap Aking bersama para wartawan muda dan senior yang ada di Balai Wartawan Luak Limopuluah.

HPN Luak Limopuluah, ditambahkan Arief Wisha sekaligus wartawan muda Arief Whisa mengatakan, ziarah ke makam-makam wartawan yang sudah mendahului itu, merupakan hal yang mulia. “Terutama dalam mengenang jasa-jasa senior wartawan selama hidup di Luak Limo Puluah,”tambah Arief.

Berdasrkan catatan yang berhasil dirangkum Panitia HPN BW Luak Limopuluah ada sekitar 17 hingga 20 makam wartawan yang berada di Limapuluh Kota. Makam wartawan yang pernah bertugas dimasa tahun 80-an, 90-an, 2000 sampai 2020.

Tokoh pers yang dimakamkan di Limapuluah Kota diantaranya, almarhum Kamardi Rais (wartawan Semangat) di Padang Alai, Payakumbuh Timur, almarhum Wan Bata (wartawan Singgalang) di Guguak VIII Koto, almarhum Syahrudin Syaid (wartawan Singgalang) di Ampang Gadang, Tujuah Koto Talago Guguak, almarhum Effendi Kusnar (wartawan Semangat) di Koto Tuo Harau.

Kemudian, almarhum H Saharwadi ( wartawan Haluan ) di Taeh Baruah, almarhum Simioni (wartawan Semangat), almarhum Suud Aufia (wartawan Singgalang) di Payakumbuh, almarhum Amra Rasyid (wartawan Singgalang), dan almarhum Ikral Jalul (wartawan Haluan) di Payobasuang.

Kemudian almarhum Dt Limpatiah (wartawan Canang) di Situjuah Limo Nagari, almarhum Sijuk (wartawan Rakyat Mandiri) di Padang Tiakar, Nasrul ( wartawan Rakyat Mandiri) di Koto Nan Ampek

Selanjutnya, almarhum Rancpendri Sakti (wartawan Minangterkini) di Batu Balang Harau, almarhum Muhammad Siebert (Haluan) di Tarantang Harau, almarhum Syukri Nur (wartawan Singgalang) di Sariak Laweh Akabiluru, almarhum AM Chandra (wartawan Bakinnews) di Koto Baru Simalanggang, dan almarhum Rothman Uchok Silitonga (wartawan Kabardaerah) di Lareh Sago Halaban dan Husnul Rais (wartawati Haluan) di Sungai Kamuyang Luak, Sukri Nur di Pauah Sangik dan Mukhlis Sulin di Batang Tabik, Sungaikamuyang.

Ketua DPRD Limapuluh Kota, Deni Asra dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan juga sangat mendukung kegiatannyang digelar BW Luak Limopuluah.”Kita bantu akomodir kendaraan untuk mengangkut para peziarah kemakam para mantan wartawan ini,”ucap Ketua DPRD Deni Asra.

Sementara Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan, ini sebuah model pembelajaran mengenai perjalan pers dari masa ke masa.”Bahkan, tokoh-tokoh pejuang, juga penulis dan pewarta yang menuangkan pemikirannya melalui tulisan dan disebarkan melalui buku dan media massa. Kedepannya mungkin perlu juga dikenali para penulis didaerah kita ini,”ucap Wakil Bupati, Ferizal Ridwan.(**)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia