Perut Membesar Usai Melahirkan, BPJS Ringankan Biaya Pengobatan

  • Whatsapp


Limapuluh Kota, kcekdata–Usai melahirkan anak Keempat, Fitra Susanti, 30, warga Jorong Koto, Nagari Tanjuang Gadang Rumah, Kecamatan Lareh Sago Halaban, kembali membesar. Sehingga Ibu Empat orang anak dari keluarga kurang mampu itu, terpaksa dirawat intensif. 


Menderita penyakit serius, keluarga yang menggantungkan sumber ekonomi hanya pada kerja serabutan yang dilakoni suami, menjadi beban berat keluarga ini saat harus berjuang melawan penyakit.”Entah seberapa besar biaya yang harus kami tanggung, jika tidak memiliki kartu JKN BPJS. Biaya pengobatan dan biaya hidup keluarga, bahkan tak cukup waktu juga sambil mengurusi anak-anak,”ucap Andri, suami Fitra Susanti. 

Bacaan Lainnya


Menjalani pengobatan disalah satu rumah sakit swasta di Kota Payakumbuh, Susanti rawat inap selama satu pekan, kemudian disarankan untuk rawat jalan setelah dinilai tak perlu dirawat. Namun tak begitu lama hanya dalam hitungan hari, kondisinya makin lemah saat berada dirumah. Sehingga dilarikan kembali kerumah sakit untuk perawatan. 


“Saat itu semua keluarga sudah merasa sangat cemas dengan kondisi Santi. Jangankan berjalan, duduk dari berbaring saja, Santi tak sanggup dan harus dibantu, bahkan kondisinya kian parah dengan perut yang membesar,”Tambah Andri. 
Usai menjalani masa-masa sulit, saat ini kondisi Santi panggilan ibu muda ini, sudah jauh lebih baik. Jika awalnya perut membesar, tubuh kurus kering dan harus dirawat intensif dirumah sakit. Sekarang sudah bisa  dirawat dirumah.


“Namun masih tetap menjalani pengobatan rutin kerumah sakit dan meminum obat untuk pemulihan selama beberapa waktu yang belum pasti. Perut yang membesar sudah kembali normal seperti biasa, hanya saja tenaga yang masih lemah,”ucap Santi. 

Singkat cerita, biaya pengobatan dan biaya hidup keluarga selama dirawat intensif dan masa penyembuhan, Santi sangat terbantu dengan adanya biaya pengobatan yang ditanggung JKN BPJS.


“Biaya kebutuhan hidup ada-ada saja rezki diberikan Allah, termasuk BPJS yang terasa sangat meringankan beban kami untuk urusan biaya pengobatan. Rasanya soal pelayanan meski BPJS, tak ada bedanya. Mudah-mudahan segera benar-benar pulih,”pungkas Santi bersyukur.(*)