Vaksinasi Menuju Herd Immunity 2.520 Dosis Ditarget Tuntas Februari

  • Whatsapp

Realisasi 31, 4 Persen

Limapuluh Kota,kcekdata.com-Sejak awal pencanangan, Senin (1/2) lalu, 2.520 dosis vaksin Sinovac di Limapuluh Kota sudah berhasil direalisasikan hingga 31,4 persen. Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Kesehatan, targetkan vaksinasi awal dengan jumlah vaksin yang tersedia hingga 21 Februari ini.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Limapuluh Kota, Tien Septino bersama Kabid, Yulva Roza seperti di rellis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat(5/2) usai rapat kelanjutan vaksinasi di aula rumah dinas Bupati, Kamis(4/2).

Bacaan Lainnya

Dipimpin Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan OPD terkait, dalam rapat disebutkan, proses vaksinasi ini di lakukan dalam 3 tahapan.

“Tahapan pertama di lebih di fokuskan kepada seluruh tenaga medis, tahapan kedua di fokuskan kepada instansi pelayanan, TNI dan Polri dan pada tahapan terakhir proses vaksinasi ini baru di lakukan untuk seluruh masyarakat,”sebut Bupati Irfendi Arbi.

Tujuan inti dari vaksinasi covid 19 ini adalah untuk membentuk kekebalan atau imunitas masyarakat (herd immunity). Diharapkan 70 persen masyarakat sudah harus di vaksin menjelang bulan April, sehingga membentuk herd immunity yang baik bagi masyarakat dan menekan penyebaran virus covid 19 ini dengan cepat. Artinya dari 10 orang yang sudah di vaksin bisa melindungi 3 orang lainnya.

“Sampai saat ini belum ada laporan mengenai efek samping yang berat atau serius dari peserta yang sudah menerima vaksin covid 19 ini.
Agar pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar, pemerintah daerah harus memberi dukungan penuh, mulai dari pendanaan, penjemputan, pendistribusian, penyimpanan hingga pelaksanaan,”sambung Bupati.

Tahap pertama 2.520 vaksin untuk Tenaga kesehatan dan pejabat esensial diharapkan selesai tanggal 21 Februari 2021 melalui 22 puskesmas, 1 Klinik Polres Limapuluh Kota dan 1 klinik RSUD Ahmad Darwis.

“Vaksinasi melibatkan 100 vaksinator yang sudah di latih dari bulan Desember 2020 sampai Januari 2021. Tahap kedua bagi ASN/TNI/POLRI yang melakaanakan layanan publik langsung. Tahap tiga untuk masyarakat,”tambah Yulva Roza.

Dinkes menyebutkan, registrasi dan sertifikat vaksin dilakukan secara elektronik, adapun capaian vaksinasi Lima Puluh Kota mencapai 31,4 persen Capaian 31,4 persen tersebut dari 2.520 vial vaksin yang sudah ada dan diharapkan terpenuhi pada 21 Februari ini.

Pada kesempatan yang sama Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Tisno Eko Santoso menyampaikan, vaksinasi covid-19 merupakan program nasional dan harus didukung oleh seluruh elemen negara dan masyarakat agar proses berjalan dengan lancar.

“Kepolisian sesuai tugas dan fungsi siap ,mendukung dan melaksanakan pengamanan vaksinasi covid 19 dari awal hingga akhir proses vaksinasi selesai,”tegas AKBP Trisno Eko Santoso.

Sementara Dandim 0306/50 Kota Letkol. Kav. Ferry Lahe menyarankan, sebaiknya dibentuk Satgas setingkat kecamatan maupun setingkat nagari untuk satu komando penanganan covid-19.” Sehingga mampu mempermudah mendata para pasien yang terjangkit covid dalam pelaksanaan penanggulangan virus covid 19 ini,”harap Dandim 0306.(*)

Pos terkait