Wartawan Luak Limopuluah Undang Gubernur Jabar Bicara Ekonomi di Sumbar

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Progresifitas Ekonomi Melek Digitalisasi Semua Lini

Bincang santai dengan tema “Progresifitas Ekonomi Bagi Kalangan Milenial Di Masa Pandemi dan Era Teknologi Industri 4.0” yang diinisiasi oleh Balai Wartawan Luak Limopuluah, digelar di Agam Jua Art and Culture Cafe, Kawasan Batang Agam, Selasa (30/3), menuangkan segenggam inspirasi membangun ekonomi dimas pandemi.

Kcekdata.com–Payakumbuh

Miliki belasan juta folowers, tokoh dengan segudang ide dan gagasan kekinian sekelas Ridwan Kamil, wajar diidolakan berbagi kalangan, terutama generasi milenial. Mengendarai motor ke Kota Payakumbuh, Gubernur Jawa Barat ini, disambut anak-anak muda, Walikota Payakumbuh, Riza Falepi, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Badaro Rajo dan tokoh milenial Limapuluh Kota yang Ketua DPRD, Deni Asra.

Bacaan Lainnya

Dua sektor ekonomi, yang tak terganggu dimasa pandemi menurut gubernur yang biasa disapa Kang Emil ini, bisnis kebutuhan pokok dan usaha yang bergerak secara digital.”Artinya kebutuhan pokok, tidak terlalu berdampak dengan pandemi covid-19, begitu juga dengan bisnis digital, bahkan disaat yang lain menurun, bisnis digital malah trendnya naik dalam arti yang menguntungkan,”sebut Ridwan Kamil.

Dua sektor tersebut, kata Ridwan Kamil, perlu ditangkap sebagai peluang. Generasi milenial paling tepat sebagaim penggerak. Sebab generasi milenial ini yang paling paham dan mudah mengerti dengan kemajuan penggunaan teknologi informasi di era digital.

“Mari gerakkan sektor pangan dengan cara dan pengelolaan lebih maju memanfaatkan teknologi informasi di era digital. Kuncinya, buat masyarakat mengenal pemanfaatan teknologi informasi dengan semua sudut daerah terjangkau sinyal. Ini tugas kita pemerintah,”ucap Kang Emil, dihadapan Riza Falepi, Deni Asra, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan para pengusaha milenial Payakumbuh, kemarin.

Bahkan kata Ridwan Kamil, yang kini tengah digadang-gadang bakal jadi salah satu tokoh unggulan bangsa untuk Indonesia masa depan itu, teknologi pertanian, perikanan dan semua sektor pangan bisa dikelola dengan cara yang lebih efisien.

“Cukup gunakan teknologi, gak usah susah lagi semua bisa digampangkan lewat teknologi. Kasih makan lele bisa via ponsel saja. Begini cara yang harus kita lakukan menghadapi persaingan ekonomi di era industri 4.0, “sebut Ridwan Kamil.

Riza Falepi menyampaikan, Payakumbuh dan Limapuluh Kota adalah dua daerah yang tidak bisa dipisahkan, kearifan lokal yang kuat, walaupun administrasinya berbeda, namun masyarakat menyatu lebih kuat, bahkan peristiwa besar sejarah perjuangan bangsa komplit di sini.

Baru-baru ini, kepada media Riza juga menyampaikan ada beberapa proyek strategis yang bisa menumbuhkan industri di Luak Limopuluah untuk perlu dipikirkan bersama. Termasuk infrastruktur yang bisa diurus bersama seperti akses jalan, jembatan, irigasi, dan penanganan daerah aliran sungai (DAS).

“Rencana strategi pariwisata yang terintegrasi antara Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota akan memunculkan kesempatan bagi masyarakat merasakan peningkatan ekonomi yang lebih tinggi. Pada gilirannya nanti tentu akan meningkatkan kemakmuran masyarakat,” kata Riza.

Ketua Balai Wartawan Arfidel Ilham menyebut sangat salut dengan duo kepala daerah yang menjaga keharmonisan tersebut. Arfidel menyampaikan ucapan terimakasih untuk kawan-kawan Balai Wartawan yang solid, Pemko Payakumbuh dan Pemkab Limapuluh Kota yang terbuka untuk kemajuan bersama.

Arfidel berharap dengan terus membangun sinergisitas lewat silaturrahmi, demi Luak Limopuluah yang lebih baik, anak muda yang progresif, aktif menciptakan peluang ekonomi era digitalisasi.

“Harapan kita, setiap gagasan dan ide terbaik masing-masing tokoh untuk membangun masyarakat didaerah, patut kita adopsi dan dukung bersama,” pungkas Arfidel yang merupakan Wartawan Media Harian Padang Ekspres.

Salah seorang pengusaha muda Kota Payakumbuh, Khalid Arafah mengaku sangat senang dengan kegiatan diskusi yang digelar di Agam Jua bersama tokoh milenial, Ridwan Kamil.”Kita berharap, ide dan gagasan yang disampaikan kang Emil nenjadi pengalaman untuk bisa mensinergiskan pembangunan ekonomi melalui gagasan-gagasan kekinian,”ucap Khalid, salah salah satu peserta diskusi.(*)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia