Melihat Sosok Anggota DPR RI yang Bakal Berkompetisi di Pilwako Payakumbuh

  • Whatsapp
Chairul Anwar, Anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Riau I (tengah pakai peci) bersama Koordinator Balai Wartawan Luak Limopuluah, Arfidel Ilham (kanan) serta senior BW dan pengurus parta PKS Payakumbuh.
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Chairul Anwar “Rang Pikumbuah” Anggota DPR RI dari Riau Empat Periode

Chairul Anwar, merupakan salah satu “Urang Awak” anak nagari Balaikaliki, Koto Nan Godang Payakumbuh. Berkarir dikancah politik nasional dengan menjadi anggota DPR RI. Empat periode dipercaya masyarakat Provinsi Riau sejak tahun 2004 hingga saat ini. Seperti apakah sosoknya?

kcekdata.com – Payakumbuh

Berpenampilan sederhana, memakai kopiah, berseragam PKS, Chairul Anwar turun dari mobil Toyota Land Cruisser warna Hijau Tua, saat bertemu wartawan di sekretariat Balai Wartawan Luak Limopuluah, Selasa(20/4). Jurnalis duo daerah Payakumbuh dan Limapuluh Kota ini, menyambut niat baik silaturrahmi, Chairul Anwar dalam agenda buka bersama, sembari sosialisasi memperkenalkan diri.

Bacaan Lainnya

Pria kelahiran 13 Oktober 1963 ini, merupakan salah satu anak nagari dari Balaikaliki yang berniat mengabdi untuk Kota Payakumbuh kedepan. Meski lahir di Provinsi Riau, tokoh Koto Nan Godang dari suku Mandailiang ini, memiliki agenda untuk Payakumbuh kedepan yang lebih baik.

“Kita siap melanjutkan apa yang telah dirintis Walikota Payakumbuh sebelumnya, Riza Falepi dan memberikan sentuhan-sentuhan pembangunan lainnya untuk Payakumbuh, jika masyarakat menerima kehadiran saya untuk mengabdi dikampung halaman,”ucap Chairul Anwar, jelang buka bersama para wartawan, kemarin

Diakui Chairul Anwar, sebagai salah satu anak nagari yang belum dikenal luas masyarakat di Payakumbuh, dirinya membutuhkan waktu untuk bersilaturrahmi dengan semua kalangan. Pemikiran dan niat untuk mengabdi dengan pandangan yang sama untuk Payakumbuh lebih baik lagi.

“Meski kerap pulang ke Payakumbuh, namun masyarakat secara luas memang belum mengenali kita secara dekat. Sebab saat pulang waktu nya cukup singkat, ke Balaikaliki lalu ke Mudiak rumah istri, kemudian kembali lagi ke Pekanbaru, begitu biasanya,”ucap Ketua DPP Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada (BP3) partai PKS ini, Rabu malam.

Sosok yang baik dan dekat dengan masyarakat, buktinya Chairul Anwar dipercaya masyarakat di daerah pemilihan (Dapil) I Riau yang meliputi, Kabupaten Bengkalis, Rohul, Rohil, Siak, Kepulauan Meranti, Koto Pekanbaru dan Kota Dumai ini, untuk tetap menjadi wakil rakyat sejak tahun 2004 hingga 2024 mendatang.

Berkiprah di kancah nasional, alumnus Ilmu Farmasi Universitas Indonesia (UI) ini, melihat pembangunan Kota Payakumbuh sudah jauh lebih baik saat ini, ditangan Walikota, Riza Falepi. Namun, tentu kedepan perlu terus dilanjutkan dan disempurnakan sesuai kebutuhan masyarakat.

Anggota Komisi II DPR RI ini melihat, Payakumbuh memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Letak yang strategis diperlintasan Sumatera, sekaligus gerbang Sumatera Barat. Udaranya yang sejuk sangat membuka peluang sebagai tempat yang nyaman dikunjungi.

“Artinya, Kota Patakumbuh mampu menggeliat sebagai salah satu pusat ekonomi yang baik di Sumatera Barat. Tinggal lagi, bagaimana kita mengemasnya menjadi lebih baik dengan orientasi prioritas kesejahteraan masyarakat,”ungkap Chairul Anwar yang saat ini fokus bersilaturrahmi dengan seluruh lapisan masyarakat di Payakumbuh.

Jelang pemilihan Walikota Payakumbuh yang diprediksi tahun 2024 seperti yang direncanakan serentak tersebut, Kota Payakumbuh memiliki sejumlah nama yang santer disebut-sebut berpotensi akan berkompetisi sebagai Walikota Payakumbuh.

Partai PKS dengan nama yang disebut-sebut, Hamdi Agus, yang saat ini Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Irsyad Safar Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumbar dan nama Chairul Anwar, anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Riau I.

Sejumlah nama lainnya yang juga disebut-sebut, Supardi, Ketua DPRD Sumbar dari partai Gerindra, Yendri Bodra Datuak Parmato Alam, anggota DPRD Kota Payakumbuh dari Partai Golkar yang juga mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh Periode 2014-2019. Kemudian ada nama Erwin Yunaz, Wakil Walikota Payakumbuh yang juga disebut-sebut akan ikut berkompetisi dalam bursa Pilwako Payakumbuh nanti.

“Saat ini, kita berupaya untuk sosialisasi,kemudian melakukan survey hingga nanti bisa diambil kebijakan dan tindakan berikutnya untuk Pilwako Payakumbuh,”tutup Chairul Anwar sembari menunggu waktu berbuka bersama Koordinator Balai Wartawan Luak Limopuluah , Arfidel Ilham dan pengurus serta puluhan anggota.

Sementara menurut Ketua DPD Badan Pemenangan Pemilu dan Pemilukada (BP3) partai PKS Kota Payakumbuh, Mustafa yang turut hadir dalam agenda buka bersama wartawan tersebut menjelaskan. Selain nama-nama kader yang muncul dan akan ditentukan nanti melalui hasil survey, PKS juga tidak menutup pintu untuk nanti mendukung tokoh di luar Partai PKS.

“Setelah dilakukan sosialiasi oleh nama-nama yang muncul, nanti akan ditutup dengan mengumumkan hasil survey siapa yang akan diusung untuk kandidat walikota. Kader yang lainnya, harus legowo menerima jika hasil surveynya rendah. Begitu juga dengan tokoh diluar PKS, jika memiliki hasil survey yang tinggi, kita akan dukung bersama. Kita tentunya di PKS ingin memilih tokoh dengan peluang menang paling tinggi,”terang Mustafa yang juga anggota DPRD Kota Payakumbuh ini. (*)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia