Rangkaian Pemilihan Bamus Sitapa Dimulai

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Limapuluh Kota, KCekdata–Rangkaian tahapan pemilihan Badan Musyawarah Nagari (Bamus) Nagari Tanjung Haro Sikau-kabu Padang Panjang (Sitapa) dimulai, Kamis(20/5)

“Tahapan awal dimulai dengan sosialisi hal penting terkait pemilihan nanti. Diantaranya, tata tertib, jadwal dan tahapan-tahapan hingga pelaporan panitia,”ungkap Walnag Sitapa, Nofrizal diamini Sekretaris, Hery Wanda dan Ketua Panitia Pemilihan, Nofrizal Abang, Jumat(21/5) kemarin.

Bacaan Lainnya

Pertemuan sosialisasi awal ini, kata Walnag, dilaksanakan di gedung pertemuan nagari dan dihadiri oleh anggota BAMUS periode 2015-2021, pengurus LPM, pengurus MUNA, PKK, karang taruna, gapoktan, bundo kanduang, tokoh adat, tokoh agama, kader, serta calon pemilih.

Pada pemilihan Bamus ini, nanti ada berupa keterwakilan wilayah di dalam nagari, dan juga ada keterwakilan perempuan. Untuk itu, pada minggu ke Tiga Mei ini akan dikebut tahapan sosialisasi.

“Kemarin (Kamis, red) sosialisasi tingkat nagari untuk keterwakilan wilayah, dan seminggu kedepan akan dilaksanakan sosialisasi di masing-masing jorong,”sebut Ketua Panitia Pemilihan Bamus, Nofrizal Abang.

Setelah itu kembali sosialisasi tingkat nagari khusus untuk keterwakilan perempuan. Pada pemilihan periode 2021-2027 ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa.

Keangotaan Bamis yang akan dipilih, merupakan wakil dari penduduk nagari berdasarkan keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan yang pengisiannya dilakukan secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan.

“Jadi kata kuncinya adalah pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan,” lanjut Nofrizal Abang.

Pada pemilihan kali ini, panitia menggunakan sistim gabungan keduanya. Yaitu pemilihan langsung yang berdasarkan musyawarah perwakilan. Dan perwakilan yang dimaksud adalah, perwakilan keluarga.

“Satu KK satu suara, dan saatnya perempuan besuara”, adalah jargon yang diusung pada pemilihan kali ini, lanjut Abang lagi.

Pemilihannya dilaksanakan dengan pemilihan langsung oleh perwakilan-perwakilan keluarga yaang dibuktikan nanti dengan nama yang tertera di kartu keluarga.

Ketua Bamus Nagari Sitapa, Musni Faisal mengatakan hingga saat ini tidak ada bentuk petunjuk umum teknis pelaksanaan dari Kabupaten setingkat Perbup atau Perda. Untuk pelaksanaan pemilihan adalah turunan dari Permendagri no 110.

“Pada akhirnya nagari melalui panitia menyikapinya dengan kebijakan masing-masing. Ada yang melaksanakan dengan pemilihan langsung ada yang musyawarah mufakat.”pungkas Musni Faisal.(*)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia