Ratusan Warga Binaan Lapas Payakumbuh Divaksin

  • Whatsapp
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia
Vaksinasi : Vaksinator Polri saat melakukan vaksinasi terhadap WBP Klas IIB Payakumbuh, disaksikan Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Kalapas Klas IIB Payakumbuh, Muhammad Kameily, Selasa(29/6/2021).Vaksinator Polri saat melakukan vaksinasi terhadap WBP Klas IIB Payakumbuh, disaksikan Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz dan Kalapas Klas IIB Payakumbuh, Muhammad Kameily, Selasa(29/6/2021).


Payakumbuh, Kcekdata.com–Tidak hanya warga yang hidup bebas, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Payakumbuh juga dilindungi pemerintah dengan pemberian vaksinasi Covid-19, Selasa(29/6/2021). 


Kerjasama Pemerintah Kota Payakumbuh, Polres Payakumbuh dan Lapas Klas IIB Payakumbuh ini, diikuti sekitar 289 orang warga binaan yang tengah menjalani pidana di sel Lapas Payakumbuh. Meski tengah menjalani hukuman atas tindak kejahatan, kesehatan para narapidana, tetap harus dijaga. 

Bacaan Lainnya


Kalapas Kelas IIB Payakumbuh, Muhamad Kameily mengatakan, vaksinasi yang dilaksanakan tersebut merupakan tahap pertama dan diikuti 289 WBP, dimana 9 tidak lulus screening sehingga ditunda.


“Kegiatan vaksinasi Covid-19 ini tahap I, kita bekerjasama dengan Polres Payakumbuh dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dalam program “Gerai Vaksin Presisi” untuk warga binaan. Pelaksanaan dimulai sejak pukul 08.30 WIB sampai pukul 15.00 WIB,” ujar Kalapas.


Dijelaskan Kameily, dalam pelaksanaan vaksinasi itu nomor identitas kependudukan (NIK) menjadi syarat. Namun tidak semua warga binaan memiliki NIK, tidak memiliki nomor identitas kependudukan, Kalapas menyebut akan usahakan agar semua dapat divaksin saat itu.


“Kita langsung upayakan melakukan pendataan, agar semua warga binaan dapat divaksin untuk pelaksanaan vaksinasi selanjutnya,” sambung Kameily. Kegiatan vaksinasi yang dilakukan mendukung program pemerintah dalam memerangi virus corona untuk mencegah penularan COVID-19 di Lapas.


Wakil Wlikota Payakumbuh,  Erwin Yunas yang ikut hadir dalam vaksinasi mengatakan, vaksinasi merupakan langkah strategis dalam penanganan covid-19.

“Kami selaku pimpinan daerah sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang diadakan oleh Lapas Payakumbuh yang besinergi dengan Polres Payakumbuh dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh. Walaupun warga binaan yang sedang menjalani pidana di dalam Lapas tetap wajib kita lindungi dari covid-19, itu merupakan tanggung jawab kita semua,” tutup Wawako.(Rell)

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia