Vaksinasi Bagian dari Ikhtiar Hadapi Pandemi

  • Whatsapp
Wakapolres Kompol Russirwan, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo dan Ketua MUI Limapuluh Kota, Syafrijon Azwar saat Gebyar Vaksinasi Gratis di Halaman Kantor Bupati, Sarilamak, Selasa(22/6).
IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bupati-Ketua MUI Disuntik

Limapuluh Kota, kcekdata.com — Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Syafrijon Azwar, disuntik vaksin dalam gebyar vaksinasi massal Covid-19 di halaman kantor bupati, Sarilamak, Kecamatan Harau, Selasa(22/6).

“Ini sebagai ikhtiar bagi kita. Vaksin ini berfungsi untuk melatih sistem imun dalam mengenal dan melawan patogen sehingga tercipta imunitas spesifik guna memutus rantai penularan covid 19,”ajak Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Datuak Bandaro Rajo usai disuntik vaksin, kemarin.

Bacaan Lainnya

Masyarakat sepertinya tidak perlu lagi takut dengan penggunaan vaksin yang ditujukan untuk meningkatkan imunitas tubuh menghadapi pandemi covid-19. Seperti dikutip Tempo.co dan Kompas.com dari media Aljazeera sejumlah negara sudah lebih awal melakukan vaksinasi, mulai dari Meksiko, Arab Saudi hingga Israel dan sejumlah negara lainnya.

Indonesia juga melakukan hal yang sama, agar masyarakat bisa mendapatkan kekebalan saat sewaktu-waktu terpapar COVID-19. Sesuai dengan Instruksi Gubernur Sumatera Barat No.3/inst/2021, tentang Pelaksanaan Gebyar serentak Vaksinasi Covid 19, kegiatan ini menyasar masyarakat usia 18 tahun keatas, pelayan publik, ASN, pra lansia dan lansia.

Pada gebyar vaksinasi ini yang dihadiri Kapolres Limapuluh Kota yang diwakili Wakapolres Kompol Russirwan, Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira diwakili Wakapolres, Jerry Syahrim, Kepala Kejaksaan Negeri Payakumbuh, Swarsono SH, Bupati terus menghimbau agar masyarakat ikut mengikuti vaksinasi.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Limapuluh Kota yang diwakili Kasi Pontren DR. Ifkar, Ketua MUI Limapuluh Kota H Safrijon Azwar, juga mengikuti vaksinasi.

Vaksinasi di Kabupaten Limapuluh kota sudah dilaksanakan sebanyak 3 tahap, diantaranya tahap pertama untuk petugas kesehatan, tahap kedua untuk pelayan publik dan tahap yang ketiga untuk para lansia.

Masyarakat didorong mengikuti vaksinasi dan puskesmas diminta mensukseskan target 1 juta vaksinasi Covid-19 per hari sesuai arahan ppresiden.

“Dengan tercapainya cakupan vaksinasi Covid 19 sebesar 90 persen, diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid 19 di masyarakat. Vaksin yang diberikan ini telah memiliki izin EUA (Emergency Use Authorization) dari Badan POM dan sertifikat halal dari MUI,” imbuh Bupati.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Limapuluh Kota, Buya Safrijon mengajak seluruh elemen masyarakat terutama pada simpul-simpul masyarakat agar membuka diri dan berikhtiar dalam membentengi diri dari penyebaran dan penularan covid-19.

“Alhamdulillah kita baru saja di vaksin. Mudah mudahan ini benar benar ihktiar dengan pilihan yang tepat dan evektif bagi terciptanya imunitas. Mari kita sukseskan Vaksinasi ini. Kita tidak tau rahasia Allah, mudah mudahan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota akan lebih sehat,”harap Ketua MUI, kemarin.

Pada kesenpatan gebyar vaksinasi gratis itu, Kapolres Limapuluh Kota, AKBP Trisno Eko Santoso melalui Wakapolres Kompol Russirwan menghimbau kepada seluruh para kabag, para kasat dan seluruh kapolsek jajaran Polres Limapuluh Kota serta para personil agar selalu mendorong serta mendampingi masyarakat untuk berpartisipasi aktif mendapatkan vaksin guna pencegahan covid 19.

Vaksinasi juga sudah diinstruksikan agar peran para tokoh di setiap nagari dimaksimalkan guna mensukseskan program ini. Selain itu seluruh jajaran Polsek bekerja secara maksimal mengedukasi serta mendampingi masyarakat yang ada di wilayah masing masing polsek untuk melaksanakan giat Vaksin.

“Ini salah satu bentuk tindakan aktif kita untuk menyukseskan program pemerintah tentang vaksinasi nasional untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19”. Jelas Wakapolres Rusirrwan.(mj)

Pos terkait

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia